5 Skill yang Harus Dimiliki Untuk Lulusan IT

Share it:

 



Pekerjaan di bidang IT (Information Technology) kini mulai banyak diburu oleh perusahaan. Jika ingin mendalami karier di bidang IT, kamu perlu memperbanyak skill serta pengetahuan yang lebih terkait teknologi terbaru. Baik berupa teknologi yang berkaitan dengan network, program, dan sebagainya.


Berikut 5 skill yang harus dimiliki oleh lulusan IT

  1. IT Support. IT support adalah teknisi yang bertugas untuk melakukan instalasi, update, dan evaluasi komputer, software, dan sistem jaringan pada sebuah perusahaan. Bisa dikatakan bahwa tugas seorang IT support itu sangat krusial pada perusahaan, terutama perusahaan software. Seorang IT support perlu memiliki wawasan yang luas di bidang Informasi dan Teknologi.
  2. Network Analyst .Investasi besar-besaran dalam bidang jaringan komputer memerlukan ahli-ahli di bidang ini. Network Analyst diperlukan untuk memahami tren informasi dari lalu lintas dalam jejaring, serta mampu menafsirkannya secara bisnis.
  3. Machine Learning. Machine learning adalah salah satu cabang aplikasi dari kecerdasan buatan (Artificial Inteligence). Seseorang harus punya dasar pemahaman tentang algoritma dan model statistik yang kuat untuk bisa menguasai machine learning. Dengan keahlian machine learning, seseorang bisa mengembangkan sistem yang mampu “belajar sendiri” tanpa harus diprogram ulang oleh manusia.
  4. Cyber Security. Ancaman terhadap keamanan data konsumen pada berbagai website yang dikelola perusahaan tertentu memang nyata. Penyalahgunaan data-data tersebut bahkan terus meningkat seiring bertambahnya konsumen. Itulah alasannya skill IT cybersecurity menjadi salah satu yang paling penting dan dibutuhkan oleh perusahaan.
  5. Cloud Computing. Cloud computing atau komputasi awan adalah suatu pekerjaan di bidang IT dalam hal penyimpanan data dan aplikasi. Data tersebut berasal dari pemakaian konsumen pada portal atau website tertentu, sementara aplikasi adalah produk hasil perusahaan IT yang jadi tempat mendulang keuntungan. Tentu saja, seiring waktu data dan aplikasi tersebut semakin banyak, lalu membutuhkan penambahan tempat penyimpanan dan pengelolaan setiap waktunya.






Dirangkum oleh: Tofan Bagus Apriyanto
Terima kasih pada: Zaidir, ST., M.Cs

Share it:

Post A Comment:

0 comments: